FAKTA Ataukah MITOS "Sunat Mempengaruhi Pertumbuhan Tubuh Anak??"

pacica

FAKTA ATAU MITOS?? SUNAT MEMEPENGARUHI PERTUMBUHAN /PERKEMBANGAN TUBUH ANAK.

Sering kali ada menunda-nunda untuk melakukan sunat pada anaknya salah satu faktornya adalah karena adanya anggapan yang berkembang dan menyebar luas bahwa jika sunat diusia dini akan membuat anak tubuh anak lebih Tinggi, lebih gemuk ataukah anak akan mengalami kekerdilan karena cepat sunat. Entah anggapan ini berasal dari mana sehingga tidak sedikit masyarakat yang percaya walaupun ilmiahnya belum pernah ada atau belum ada seorang pun yang pernah meneliti sehingga kebenarannya masih diragukan.

Makhluk Hidup (manusia, hewan dan tumbuhan) mengalami pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh factor internal dan factor eksternal. Pertumbuhan makhluk hidup merupakan proses bertambahnya ukuran tubuh yang meliputi tinggi, berat, dan volume tubuh. Sedangkan perkembangan merupakan proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan.

Factor internal antara lain:

a. Gen, adalah subtansi/ materi pembawa sifat yang diturunkan dari induk kepada anaknya. Gen ini seperti bentk tubuh, tinggi tubuh, warna kulit, dll.

b. hormone, adalah merupakan zat yang dihasilkan makhluk hidup yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Untuk manusia hormone pertumbuhan disebut hormone somatotropin (STH) berperan untuk mempengaruhi kecepatan pertumbuhan seseorang. Seorang anak tidak akan mengalami pertumbuhan normal jika kekurangan hormone ini (kerdil), sebaliknya seorang anak akan mengalami pertumbuhan raksasa (obesitas) jika kelebihan hormone ini.

Factor eksternal antara lain:

a. Makanan dan Nutrisi

b. Suhu

c. Cahaya

d. Air

r
  •   Graha Pena Fajar, Lt. 1
         Kav. 100-H (Fly Over)
         Jln. Urip Sumoharjo No.20
         Makassar - Indonesia
  •   +62411 211 4922
  • info@pacica.co.id
..........