Layanan

SUNAT BAYI

Anak usia berapa paling ideal disunat?

Ada beberapa pendapat mengenai usia ideal dilakukan sunat. Ada yang menyebut saat masih bayi baru lahir karena proses anestesi lebih sederhana yaitu dengan anestesi lokal, prosedur lebih sederhana, dan proses penyembuhan lebih cepat (7 – 10 hari). Ada juga yang menyebutkan idealnya sebelum usia aqil baligh misalnya 12 – 13 tahun dengan mempertimbangkan keputusan sunat juga sudah disetujui individu yang bersangkutan dan anak dianggap sudah bisa kooperatif. Dan tentunya pada bayi lebih mudah dikendalikan jika terjadi penolakan spontan dibandingkan usia anak-anak yang mesti dibujuk dan dirayu serta kadang dijanjikan hadiah-hadiah.


Apa manfaat sunat pada usia bayi?

Sunat adalah sebuah tindakan berupa pembersihan atau penghilangan kulup di ujung penis dengan tujuan untuk mengurangi kuman yang tumbuh di bawah kulup. Tujuannya untuk menjaga kebersihan organ penis. Sebab, di balik kulup merupakan tempat persembunyian ideal bagi kotoran, virus, dan bakteri yang terbawa oleh urin. Di Amerika saja, setiap tahunnya ada sekitar 55 - 65% bayi baru lahir yang disunat dalam 10 hari pertama setelah lahir. Menurut dr. Andrew Freeman dari The American Academy of Pediatrics, “Sunat bermanfaat untuk menghindarkan bayi laki-laki yang baru lahir dari penyakit urologi. Bahkan sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa sunat pada bayi yang baru lahir dapat mengurangi infeksi virus HIV. Sunat pada bayi yang baru lahir juga dapat menghindarkan bayi dari infeksi saluran kemih dan kanker penis bagi bayi laki-laki."


Bagaimana dengan orang tua yang takut anaknya menjadi trauma?

Hal tersebut tergantung pada aspek pemahaman terhadap manfaat sunat bayi. Sebagaimana disampaikan diatas, sunat bayi juga ternyata memiliki manfaat tidak terjadinya trauma psikologi pada anak-anak. Karena pada saat usia bayi, mereka belum bisa mengingat seperti apa rasanya disunat. Namun, pada anak-anak sekarang sudah bisa membayangkan betapa mengerikannya disunat. Hal itu disebabkan informasi-informasi yang masuk ke dalam otak mereka. Sering anak-anak yang sudah sunat menakut-nakuti temannya yang lain.


Di negara mana saja diterapkan sunat bayi?

Hampir negara-negara maju yang mengetahui manfaat sunat atau sirkumsisi melakukan dan menganjurkan rakyatnya untuk sunat pada usia bayi. Seperti di Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan negara-negara Eropa. Negara-negara Timur Tengah – Arab Saudi, Mesir, Turki, Iran, Irak, dsb – dengan jumlah penduduk muslim mayoritas melakukan sunat pada usia bayi antara hari 1 – 7 setelah lahir. Karena mereka sadar dan mengetahui manfat dilakukannya sunat pada usia bayi.


Kenapa di Indonesia tidak familiar dengan sunat bayi?

Di Indonesia, sunat bayi kurang familiar disebabkan beberapa faktor diantaranya faktor pemahaman, faktor budaya atau kebiasaan, dan faktor psikologis. Sehingga biasanya sunat bayi di Indonesia dilakukan karena terjadi gangguan kesehatan, seperti fimosis, atau lubang saluran kencing yang sempit sehingga anak susah kencing. Oleh karena itu, dibutuhkan edukasi yang berkelanjutan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap manfaat sunat bayi.


Apakah semua dokter bisa melakukan sunat bayi?

Banyak dokter maupun tenaga medis di Indonesia. Namun tidak semua terbiasa dan berani untuk melakukan sunat pada usia bayi. Meskipun mereka mengetahui prosedur dan pernah melakukan tindakan sunat. Tim dokter PACICA dilatih khusus untuk bisa melakukan semua tindakan yang berhubungan dengan sunat atau sirkumsisi, termasuk sunat pada bayi. Karena kami ahlinya sunat.

  •   Graha Pena Fajar, Lt. 1
         Kav. 100-H (Fly Over)
         Jln. Urip Sumoharjo No.20
         Makassar - Indonesia
  •   +62411 211 4922
  • info@pacica.co.id
..........