Layanan

SUNAT KHUSUS

A. AUTISME

Apa yang dimaksud anak autism?

Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas. Autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan yang merupakan bagian dari Autism Spectrum Disorders (ASD) dan juga merupakan salah satu dari lima jenis Pervasive Development Disorder (PDD).

Anak-anak autis menunjukkan defisit dalam tiga bidang utama :

  1. Interaksi sosial
  2. Komunikasi verbal dan nonverbal (bahasa dan non bahasa)
  3. Perilaku repetitif (mempunyai kebiasaan yang sulit untuk dirubah)

Bisakah anak autis disunat?

Bisa. Anak autis juga perlu disunat, untuk kesehatan. Kelainan autis bukanlah kelainan fisik. Kelainan autis adalah kelainan mental sehingga diperlukan teknik-teknik khusus supaya anak autis bisa disunat. Silahkan konsultasikan ke PACICA.

 

Kapan sebaiknya anak autis disunat?

Anak autis sebaiknya disunat sesegera mungkin. Karena dikhawatirkan semakin lama anak tersebut akan memiliki badan yang semakin besar serta tenaga yang semakin besar pula. Sehingga kapan saja bisa terjadi penolakan dari pasien, seperti mengamuk, memberontak, dan sebagainya. Kondisi itu akan mempersulit proses tindakan sunat. Namun kami ada beberapa alternatif solusi yang kami tawarkan untuk menangani kondisi tersebut. Silahkan konsultasikan ke PACICA.

 

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum sunat anak autis?

Tidak perlu persiapan khusus. Sebaiknya orang tua berkonsultasi terlebih dahulu ke PACICA untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang prosedur dan proses tindakan sunat. Tanpa membawa anak terlebih dahulu. Tim PACICA akan memberikan saran-saran berkaitan dengan pelaksanaan tindakan sunat yang akan direncanakan.

 

B. HIPERAKTIF

Apa yang dimaksud dengan Hiperaktif?

Dikenal dengan Attention Deficit Disorder (ADD), biasanya usia masih dini dan sangat aktif dalam beraktifitas. Disebabkan kurangnya konsentrasi, terlalu menuruti kata hati, dan sulit diatur. Dia ceroboh, tidak bisa diam, sangat agresif, susah tidur, dan gejala lainnya. Biasanya ditandai dengan gejala pada saat bayi terus menerus menangis atau juga berteriak. Disarankan sunat pada saat usia bayi.

 

Kenapa anak hiperaktif disarankan sunat pada usia bayi?

Karena pada saat usia bayi belum menunjukkan pergerakan yang signifikan sehingga mempersulit proses untuk sunat. Bisa dibayangkan jika anak hiperaktif disunat pada usia 10 tahun, betapa susahnya untuk ditenangkan. Padahal sunat bukan hanya kewajiban agama atau kebiasaan di masyarakat, namun lebih kepada aspek kebutuhan akan kebersihan dan kesehatan pribadi.

 

C. NON KOOPERATIF

Apa yang dimaksud anak non kooperatif?

Anak-anak non kooperatif diartikan sebagai tidak adanya kerjasama seorang anak yang mau disunat, seperti memberontak, menangis, melipat kaki, tidak mau membuka celana, tidak mau masuk ruang tindakan, atau bentuk kecemasan yang berlebihan lainnya.

 

Apa penyebab anak-anak bersikap non kooperatif untuk sunat?

Pada anak-anak yang bersikap tidak kooperatif biasanya disebabkan oleh rasa takut yang berlebihan, sifat cengeng dan sangat manja. Mereka menilai sunat adalah momok yang sering diceritakan oleh teman-temannya. Atau mereka pernah mengalami kejadian trauma pada saat pertama mau disunat sebelumnya, dan dia lari atau kabur.

 

Kapan anak bisa berubah menjadi kooperatif?

Biasanya mereka akan lebih kooperatif saat memasuki masa dewasa. Semakin bertambah usia mereka, maka akan semakin dewasa dan semakin kooperatif. Namun dalam kondisi seperti itu akan terjadi perubahan ukuran penis yang lebih besar dan rasa malu terhadap lingkungannya. Hal itu menjadi beban psikologis bagi anak tersebut.

 

Bagaimana caranya supaya anak tersebut bisa disunat di usianya?

Sebenarnya kesempatan yang ideal adalah melakukan sunat pada saat usia masih bayi, karena lebi mudah dikendalikan. Namun kami ada beberapa alternatif solusi untuk menangani kondisi anak tersebut, silahkan konsultasikan ke PACICA.

 

D. REMAJA

Apa kategori remaja untuk disunat?

Kategori remaja untuk disunat bukan berdasarkan aspek psikologis. Namun lebih kepada aspek perkembangan tanda-tanda fisik, khususnya ukuran penis pasien. Usia remaja cenderung memiliki ukuran penis yang lebih besar daripada anak-anak. Namun tidak bisa disamakan dengan ukuran penis orang dewasa. Biasanya mereka berada di usia 13 – 20 tahun.

 

Apa perbedaan cara sunat pada usia remaja daripada anak-anak?

Sebenarnya prosedur sunat pada pasien remaja itu sama dengan prosedur sunat pada pasien anak-anak. Yang membedakan adalah tingkat kesulitannya yang disebabkan oleh ukuran penis yang lebih besar dibandingkan usia anak-anak. Dan pada usia remaja itu memiliki rasa malu terhadap lingkungan yang lebih besar dibandingkan usia anak-anak. Sehingga terkadang membutuhkan waktu dan tempat khusus.

 

Kenapa remaja itu disunat juga?

Ya. Karena alasan kesehatan, agama, budaya, dan sebagainya seperti disebutkan di atas. Biasanya mereka terlambat untuk sunat disebabkan rasa takut sunat yang berlebihan pada saat usia anak-anak. Atau mereka pernah mengalami trauma sehingga kabur pada saat mau disunat. Dan jika tidak disunat saat usia itu, maka sebentar lagi mereka akan masuk di usia dewasa.

 

E. PENIS TENGGELAM

Apa yang dimaksud dengan penis tenggelam?

Kondisi ini biasa didapatkan pada pasien gemuk. Sehingga penisnya tenggelam ke daerah sekitarnya yang penuh dengan timbunan lemak. Biasanya pasien ini ditolak untuk sunat di tempat lain. Terkadang pasien diminta diet terlebih dahulu.

 

Apakah penis tenggelam masih bisa disunat?

Bisa. Penis tenggelam masih bisa disunat dengan menggunakan teknik khusus dan membutuhkan proses kerja yang lebih lama. Dan harus dikerjakan oleh dokter yang berpengalaman.

 

Bagaimana perawatan pasca sunat pada penis tenggelam?

Perawatan pasca sunat pada kondisi penis tenggelam memang lebih sulit dan butuh waktu yang lama untuk sembuh. Orang tua dan tim medis harus sabar dalam perawatan tersebut.

 

Apakah penyembuhan lukanya lebih lama dibandingkan kondisi normal?

Ya. Proses penyembuhan dan perawatan pasien dengan penis tenggelam membutuhkan waktu yang lebih lama daripada biasanya. Karena kondisi penis yang selalu tenggelam menjadikan luka sunat selalu lembab.

 

F. PENIS PERLENGKETAN PENUH

Apa maksudnya penis perlengketan penuh?

Perlengketan yang dimaksud disini adalah antara prepusium (kulup) dan gland (kepala) penis. Hal ini diakibatkan adanya smegma (kotoran) yang menumpuk dan mengeras, akibat higiene yang kurang baik atau karena kelainan fimosis.

 

Bagaimana cara mengetahui kelainan seperti ini?

Untuk mengetahui kelainan perlengketan biasanya diketahui pada saat pemeriksaan setelah dilakukan anastesi. Pada kondisi seperti itu harus dilakukan pemisahan bagian yang melengket hingga jelas antara kulit kepala penis dengan bagian kulup.

 

Apakah pasien dengan kondisi ini masih bisa disunat?

Bisa. Sebelum dilakukan pemotongan kulup, maka perlengketan tersebut harus dibebaskan. Smegma yang terlanjur menumpuk dan mengeras sulit dibersihkan dengan tangan tanpa alat bantu, harus dengan teknik khusus. Biasanya terdapat sisa bekas perlengketan seperti luka lecet dan membutuhkan proses penyembuhan.

 

G. PENIS FIMOSIS

Apa pengertian fimosis?

Fimosis adalah penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga kepala penis tidak bisa terbuka sepenuhnya. Fimosis dapat menyebabkan penumpukan smegma (kotoran hasil sekresi kelenjar kulup) di sekitar kepala penis. Masyarakat awam biasa menyebut dengan istilah “penis buta”.

 

Kenapa bisa terjadi fimosis?

Kelainan fimosis biasanya didapat sejak lahir. Namun, ada juga fimosis yang terjadi akibat adanya infeksi pada ujung lubang kencing. Infeksi tersebut disertai dengan perdarahan dan penyembuhan luka tersebut menghasilkan scar atau bekas luka yang menyempit.

 

Apa bahaya fimosis?

Pasien ini mengalami kesulitan pada saat kencing. Biasanya bayi dengan fimosis akan menangis pada saat mau kencing, karena nyeri. Umumnya, ujung kulup akan mengembang seperti balon menampung air kencing sebelum dikeluarkan pada lubang yang sempit. Penumpukan smegma tersebut dapat mendukung penyebaran berbagai bakteri penyebab peradangan. Jika fimosis menyebabkan kesulitan buang air kecil sehingga urin tertahan di saluran kencing (uretra) maka dapat terjadi infeksi uretra.

 

Apakah fimosis bisa disunat?

Penis fimosis harus segera dilakukan tindakan sunat. Setelah dilakukan anastesi, maka fimosis harus dibebaskan sehingga lubang kencing melebar dan bisa dilanjutkan dengan proses tindakan sirkumsisi sebagaimana mestinya.

 

Kapan penis fimosis harus segera disunat?

Sebaiknya penis fimosis dilakukan tindakan sunat sejak usia bayi baru lahir, sehingga pasien tidak mengalami kesulitan kencing. Namun, jika kesulitan kencing itu selalu berlanjut dan anak selalu merintih pada saat kencing, apalagi terjadi infeksi pada ujung lubang kencing, maka kondisi tersebut harus segera dilakukan tindakan sunat.

 

H. PENIS PARAFIMOSIS

Apa pengertian parafimosis?

Parafimosis berarti kulup yang terjebak di belakang kepala penis dan tidak dapat ditarik kembali ke posisi normal. Orang awam sering menilai kondisi ini sebagai “disunat oleh jin.” Pada kondisi ini, ujung kulup memang tidak lebih sempit daripada kondisi fimosis. Sehingga dalam kondisi tertentu bisa tertarik ke belakang dan sulit kembali dalam posisi normal.

 

Kenapa bisa terjadi parafimosis?

Parafimosis biasanya didapat sejak lahir. Namun pada saat tertentu kondisi itu bisa berbahaya dan harus segera disunat.

 

Apa bahaya parafimosis?

Kondisi parafimosis bisa berbahaya pada saat kulup yang tertarik ke belakang kepala penis akibat trauma dan sejenisnya, dan tidak bisa kembali pada kondisi normal. Sehingga saluran kencing akan terikat oleh lilitan kulup yang tertarik ke belakang. Akan terjadi pembengkakan penis dan penekanan saluran kencing. Kondisi seperti ini harus segera dilakukan tindakan sunat dalam waktu 1 x 24 jam.

 

I. PENIS BESAR

Apa maksud penis besar?

Adalah penis anak-anak dengan ukuran yang lebih besar daripada ukuran yang semestinya.

 

Bagaimana menentukan ukuran penis kecil dan penis besar?

Biasanya penis anak-anak usia di bawah 12 tahun berukuran diameter 8 – 14 mm. Dan kondisi seperti ini memiliki ukuran diameter lebih dari 14 mm.

 

Kenapa bisa terjadi penis besar?

Hal tersebut mungkin faktor genetik atau masa akil balig yang terlalu cepat. Pada prinsipnya, ukuran penis yang besar memerlukan penanganan khusus dalam sunat.

 

J.PENIS REPARASI

Apa yang dimaksud dengan sunat reparasi?

Ada pasien yang memiliki riwayat pernah disunat sebelumnya oleh tenaga lain, medis maupun non medis. Namun hasilnya tidak memuaskan, seperti potongan miring, kulup masih panjang, terbentuknya keloid, hasil estetika tidak bagus, dan sebagainya. Sehingga memerlukan sunat ulang untuk perbaikan supaya hasilnya lebih rapi.

 

Kenapa bisa terjadi hasil yang tidak memuaskan?

Hal tersebut biasanya terjadi karena operator sunat memiliki pengalaman yang rendah dalam melakukan tindakan sunat. Bukan kesalahan pilihan metode sunat.

  •   Graha Pena Fajar, Lt. 1
         Kav. 100-H (Fly Over)
         Jln. Urip Sumoharjo No.20
         Makassar - Indonesia
  •   +62411 211 4922
  • info@pacica.co.id
..........