Layanan

SUNAT NORMAL

Apa yang dimaksud dengan sunat normal?

Adalah sunat yang dilakukan pada anak-anak usia diatas 5 tahun (balita) tanpa adanya kelainan fisik maupun kelainan psikologis. Biasanya mereka berada di usia Sekolah Dasar. Dikatakan normal tanpa ada kelainan fisik seperti penis tenggelam yang biasanya terjadi pada anak dengan kegemukan. Atau kelainan seperti fimosis, parafimosis, hipospadia, penis dengan perlengketan penuh, penis dengan ukuran besar, dan kelainan fisik lainnya. Sedangkan kelainan psikologis seperti autis, down syndrome, hiperaktif, maupun non-kooperatif sehingga tim medis memerlukan energi dan waktu yang lebih untuk melakukan tindakan sunat.


Metode apa yang digunakan pada sunat normal?

Pada usia anak-anak dengan kondisi normal bisa menggunakan semua metode sunat yang kami sediakan, seperti biasa (konvensional), laser (elektrokautter), dan cincin (smartklamp). Semua metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, setiap calon pasien harus mendapatkan penjelasan tentang hal tersebut sebelum menentukan pilihan metode yang tepat. Staff kami di PACICA akan membantu Anda untuk mendapatkan penjelasan yang terbaik.


Tentunya orang tua pasien harus terlebih dahulu mendapatkan penjelasan tentang pilihan-pilihan metode sunat. Dan kemudian dokter atau perawat kami melakukan pemeriksaan terhadap kondisi pasien untuk menentukan normal atau ada kelainan penis. Dan kami memberikan beberapa pertimbangan yang keputusan akhir ditentukan oleh orang tua pasien atau pasien itu sendiri.


Kenapa bisa terjadi sunat ulang?

Sunat ulang biasanya terjadi karena kesalahan kerja dari operator sunat; dokter, mantri, perawat, bidan, dukun, dan sebagainya. Kesalahan tersebut biasanya disebabkan adanya pengetahuan teknik sunat yang sedikit, pengalaman tindakan yang masih rendah, dan kondisi penis pasien yang tidak seperti biasa pada umumnya atau memiliki kelainan. Jadi, kegagalan sunat itu bukan disebabkan oleh pemilihan metode sunat. Pada beberapa pasien ada yang datang setelah dewasa dan minta disunat ulang. Biasanya mereka sunat pada masa kecil menggunakan metode bambu. Dan tradisi pada saat itu, sunat hanya melukai bagian kulup atau memotong sebagian kecil dari kulup. Sehingga kulup tersebut masih menutup bagian kepala penis. Jika metode bambu tersebut memotong kulup sesuai dengan ukuran semestinya, maka tidak perlu dilakukan sunat ulang.


Berapa lama sembuhnya?

Kesembuhan luka sunat itu relatif. Artinya, setiap pasien tidaklah sama. Yang bisa dipastikan adalah bahwa semakin mudah usia pasien, maka proses penyembuhan akan semakin cepat. Pada pasien sunat bayi lebih cepat sembuh dibandingkan sunat anak-anak. Hal ini disebabkan proses regenerasi sel pada bayi sangat cepat, sehingga luka apapun akan lebih cepat sembuhnya. Kesembuhan juga ditentukan oleh faktor pemilihan metode sunat, proses perawatan, adanya penyakit alergi, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Info lebih jelasnya, silahkan konsultasikan ke PACICA.


Kapan waktu ideal untuk sunat?

Tidak ada waktu yang ideal untuk sunat. Meskipun beberapa masyarakat lebih mengutamakan sunat pada saat pagi petang setelah sholat shubuh dan menghindari sunat pada saat siang hari. Hal ini menjadi pertimbangan bahwa di pagi hari akan terjadi perdarahan yang minimal karena terjadi vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah karena pengaruh suhu dingin. Begitu pula sebalikanya pada siang hari akan terjadi vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah karena pengaruh suhu panas. Namun, ada tidaknya perdarahan ditentukan oleh teknik kerja sang operator sunat.


Apakah dengan sunat normal anak bisa langsung beraktifitas?

Ya. Pelayanan kami mengizinkan semua pasien pasca sunat bisa beraktifitas seperti biasa. Meskipun ada rasa yang kurang nyaman karena luka membutuhkan waktu yang cukup untuk sembuh total. Namun itu tidak menghalangi untuk melakukan berbagai aktifitas, seperti bergerak, berjalan, bermain, bahkan pergi ke sekolah. Asalkan tidak beraktifitas yang berlebihan, seperti berlari, melompat, dan sebagainya.

  •   Graha Pena Fajar, Lt. 1
         Kav. 100-H (Fly Over)
         Jln. Urip Sumoharjo No.20
         Makassar - Indonesia
  •   +62411 211 4922
  • info@pacica.co.id
..........